Komputer · June 18, 2021 0

Masalah Umum yang Kerap Terjadi Pada Komputer Beserta Tipsnya

Sekarang ini yang namanya komputer adalah kebutuhan primer. Tidak hanya dari kalangan anak sekolah saja, namun berbagai profesi seperti bisnis online hingga profesional sekalipun tidak bisa terpisahkan dengan alat ini. Hanya saja, tidak semua orang memahami tentang permasalahan yang kerap terjadi yang bila tidak diatasi akan membuat pekerjaan menjadi terhambat. Belum lagi faktor usia penggunaan yang tidak bisa diabaikan begitu saja mengingat begitu banyak aplikasi yang berubah setiap saat.  

Adapun masalah yang kerap terjadi sifatnya umum alias hampir semua pengguna komputer mengalaminya. Namun, seperti dijelaskan diatas bahwa tidak semua memahami bagaimana mengatasinya dengan baik. Jika pun menggunakan jasa service bukan berarti akan selesai karena pekerjaan yang tidak bertanggung jawab misalnya. Atau, tidak memiliki peralatan yang mumpuni dan kurang pengalaman.  

Nah, di artikel ini ada beberapa penjelasan sederhana yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan seperti : 

Layar Biru 

Layar yang tiba tiba berubah menjadi biru adalah salah satu masalah yang terjadi. Kalau sudah begini biasanya terjadi kerusakan pada hardware atau software bahkan keduanya. Dan untuk mengatasinya biasanya menggunakan kode khusus untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Namun, langkah sederhananya adalah melakukan restart secara tiba tiba dan mencoba untuk menghidupkan kembali. Akan tetapi, jika tidak memberi efek sama sekali maka tidak ada salahnya mencari referensi dari berbagai sumber.  

Di era sekarang ini cukup banyak situs yang membahas seputar masalah yang umum terjadi pada komputer. Anda bisa mengetikkan kata kunci sesuai dengan permasalahan dan dalam hitungan beberapa detik saja sudah ada hasilnya.  

DLL Error 

Untuk masalah yang satu ini biasanya ada salah satu data yang korup. Jika terjadi demikian, maka sudah pasti Anda tidak bisa menjalankan aplikasi tertentu. Dan bisa saja menjalankan aplikasi lainnya yang memang tidak ada kaitannya dengan DLL error. Lantas, bagaimana mengatasinya? Anda bisa menggunakan sistem file checker atau scanning sehingga diketahui apa saja yang harus dikerjakan. Melakukan service atau memang harus membeli sparepart yang baru.  

Aplikasi yang berjalan cukup lambat 

Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini terjadi sehingga mau tidak mau Anda harus melakukan pemeriksaan satu persatu. Namun, yang pasti biasanya kapasitas media penyimpanan sudah terlalu penuh sehingga lamban dalam memberikan result. Entah itu ukuran RAM yang tergolong kecil, banyak aplikasi yang sangat berat seperti Google Chrome hingga posisi hard drive yang tidak tepat.  

Setelah mengetahui apa yang menjadi kendalanya, maka selanjutnya Anda harus melakukan perbaikan. Misalnya saja ukuran RAM yang kecil maka mau tidak mau harus diganti dengan yang baru dengan kapasitas yang besar. Atau, bisa juga menghapus aplikasi yang cukup berat atau menghilangkan program yang jarang digunakan.  

Malware 

Hampir sama dengan virus namun efek sampingnya cukup berbahaya. Biasanya, sistem yang ada pada komputer akan diserang sehingga mampu menghentikan semua program. Bagi Anda yang mengalami masalah ini ada baiknya melakukan instal ulang dan menggunakan antivirus terbaru. Berbicara soal antivirus maka ada baiknya menggunakan yang resmi agar saat melakukan update langsung dilakukan secara otomatis. Cara ini bisa dilakukan saat komputer langsung terhubung dengan internet. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai hal apa saja yang kerap dialami. Satu hal yang pasti, rajinlah untuk selalu mengupdate sistem Antivirus. Begitu juga dengan membuat data backup dengan menggunakan pihak ketiga.