Komputer · June 18, 2021 0

Kiat Memperbaiki Layar Biru di Komputer Windows

Blue Screen of Death atau biasa disingkat menjadi BSOD adalah kondisi dimana komputer mengalami kesalahan yang cukup kritis. Artinya, Windows sudah tidak bisa lagi melanjutkan perintah. Jadi, setelah layar menampilkan pesan kesalahan maka sistem akan melakukan pembersihan “home” pada bagian belakang layar serta berusaha untuk memulai kembali. Sayangnya, kondisi ini terjadi kapan saja alias tiba tiba sehingga bagi Anda yang sedang mengerjakan sesuatu tidak ada kesempatan untuk menyimpan data yang ada. Akibatnya, data Anda akan hilang semuanya.  

Sebenarnya, Blue Screen sangat jarang terjadi namun bukan berarti kondisi ini tidak dialami. Jika sudah mengalaminya, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan jasa service yang profesional dan berpengalaman atau membeli komputer yang baru.  

Lantas, jika sudah terjadi apa yang harus dilakukan? Berikut ini penjelasannya seperti  

Mennghapus perangkat lunak yang tidak kompatibel 

Cukup banyak faktor yang menyebabkan terjadinya Blue Screen sehingga sangat bijak jika memulai dengan memperbaiki secara sederhana. Setelah itu, baru bisa dilanjutkan ke pemecahan tingkat lainnya.  

Yang pasti, BSOD tidak bisa langsung mengidentifikasi apa yang menjadi penyebabnya. Namun, jika ternyata sudah mendapatkan kesalahan saat menjalankan program tersebut maka aplikasi itu adalah penyebabnya.  

Untuk itu, mulailah dengan menghapus semua software atau aplikasi yang tidak penting atau sering berjalan selama saat terjadinya Blue Screen.  

Menjalankan pemeriksa memori 

Terkadang ada memori yang rusak seperti yang ada pada RAM. Faktor ini bisa mengakibatkan BSOD yang beresiko pada layar menjadi biru. Beruntungnya adalah ada alat pemeriksa memori yang sudah ada di Windows. 

Caranya dengan mencari lewat Start search, kemudian ketik “Memory” dan selanjutnya klik “Windows Memory Diagnostic” saat ada hasil pencarian. Langkah selanjutnya adalah klik “Periksa masalah saat saya memulai komputer saya di lain waktu” dan mulailah untuk menghidupkan kemballi untuk menguji.  

Setelah komputer direstart, maka tugas selanjutnya adalah mencari hasil tes. Pada kotak Mulai pencarian, Anda cukup ketik “Peraga Peristiwa”, kemudian klik “Peraga Peristiwa”. Nah, disebelah panel kiri ini langsung klik “Windows Logs”, kemudian klik “System.” Namun, untuk yang sebelah kanan, ada “Temukan” dan cari “Diagnostik Memori”.  

Memeriksa kesalahan hard drive 

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah hard drive yang bermasalah bisa menyebabkan BSOD. Untuk memastikan kesalahan tersebut maka ketik “PC ini” di kotak Mulai pencarian. Setelah itu, klik saat Anda melihatnya ada di hasil pencarian. Selanjutnya, Klik kanan pada drive “C” kemudian pilih “Properties”. Selanjutnya, klik tab “Tools” di jendela Properties dan pada bagian “Pemeriksaan kesalahan”, klik “Periksa”. Setelah itu ikuti petunjuk agar hard drive bisa diperiksa secara manual.  

Ganti kartu ekspansi yang tidak kompatibel 

Untuk melakukan proses ini memang memakan waktu serta merepotkan karena Anda harus melepas perangkat keras dari dalam komputer. Akan tetapi, jika komputer mengalami BSOD secara berulang maka bisa jadi itu penyebabnya.  Kartu grafis premium dan kartu audio bisa menjadi faktor penyebabanya.  

Nah, untuk kartu grafis Anda bisa melepasnya dan menghubungkan monitor ke grafis bawaan motherboard. Jangan lupa juga, untuk melihat port HDMI yang terpisah di bagian belakang komputer. Oh ya,  Anda harus menghapus software driver kartu grafis Nvidia atau AMD.  

Demikianlah penjelasan cara mengatasi bagaimana jika komputer mengalami masalah layar biru. Jika kurang paham, ada baiknya langsung menggunakan jasa service yang berpengalaman.