Komputer · June 18, 2021 0

Bagaimana Memperbaiki Aplikasi Windows Not Responding

Tidak sedikit pengguna komputer yang merasa frustasi saat program yang sedang dijalankan berhenti merespons. Yang pasti, kalau sudah begini maka apapun tidak bisa dilakukan entah itu mengklik atau mengetik apapun. Namun, jika harus merestart ulang maka yang namanya data akan hilang. Maka tidak heran, jika banyak yang jengkel dengan keadaan seperti ini.  

Jadi, apa yang harus dikerjakan atau solusinya bagaimana? Yang pasti, cukup banyak yang menjadi penyebabnya sehingga solusinya pun diberikan sesuai dengan kondisi yang ada.  

Membuka Task Manager agar Bisa Keluar dari Aplikasi  

Sebagai pilihan pertama dan cepat yaitu Anda harus membatalkan Windows yang kurang merespon dengan baik. Anda bisa membuka Windows Task Manager yang nantinya bisa membuat Anda mengakhiri proses.  

Tekan Ctrl + Shift + ESC secara bersamaan. Jika opsi muncul pada bagian sudut kiri bawah maka klik “More details”. Tujuanya agar tampilan Task Manager menjadi lebih komprehensif. 

Menjalankan Scan Virus 

Jika Anda mengalami masalah pad sistem maka tidak ada salahnya jika menjalankan program untuk memindai viris. Hal ini penting agar komponen komputer dalam keadaan bersih alias bebas dari virus. Ada cukup banyak program yang bisa digunakan mulai Kaspersky, Norton, hingga Avast. Jadi, jangan lupa untuk menjalankan program ini terlebih dahulu guna memastikan bukan malware yang menjadi penyebabnya.  

Memperbaharui Sistem Operasi 

Kadang kadang, sistem operasi Windows pun membutuhkan yang namanya update atau pembaharuan. Dan untuk mengetahui apakah memang Windows benar benar memerlukannya, maka Anda bisa mengecek dengan cara tekan Win + i. Kemudian klik “Update & Security” dimana nantinya Anda bisa mengetahui bug apa saja yang perlu diperbaiki.  

Menghapus File Sementara 

Cache atau file sementara, yang bila dalam jumlah besar ternyata bisa menghabiskan memori yang cukup banyak didalam komputer. Alih alih membantu, pada kenyataannya justru menyebabkan masalah pada sistem Windows. Adapun cara yang bisa Anda lakukan adalah menekan Win + R agar bisa masuk ke RUN, setelah itu ketik“temp” dan tekan Enter. Di dalam daftar file sementara inilah Anda akan mengetahui apa saja file yang lama dan Anda bisa menghapusnya.  

Memperbaharui Driver 

Penggunaan komputer yang terlalu lama biasanya berdampak pada kinerja komponen tersebut. Misalnya driver yang sudah lama bahkan cenderung ketinggalan jaman bisa membuat Windows menjadi lamban. Untuk itu, perbarui driver agar bisa diperbaiki masalahnya.  

Ketik “Device Manager” pada bagian kotak pencarian, kemudian klik pada aplikasi yang nampak pada layar. Buka setiap opsi perangkat dan klik kanan pada perangkat keras atau yang bertuliskan “Perbarui driver”.  

Memindai Pemeriksa File Sistem 

SFC atau biasa disebut dengan Pemindaian Pemeriksa File Sistem bertujuan untuk memindai komputer. Dari hasil scanning tersebut maka akan dilihat apakah sistem itu berfungsi atau tidak. Jika tidak, maka secara otomatis akan dilakukan perbaikan.  

Menggunakan Clean Bot 

Jika booting bersih maka akan memudahkan Anda untuk mengetahui apakah ada aplikasi yang menyebabkan masalah pada komputer.  

Untuk membersihkan boot mesin maka beberapa langkah ini bisa dilakukan seperti Tekan Win + R untuk membuka Run. Ketik MSCONFIG terus klik OK. Jika Windows Msconfig Tidak Responsif maka buka tab Boot kemudian hapus centang pada opsi “Safe Boot”. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk memperbaiki aplikasi Windows Not Responding. Diharapkan, bisa membantu Anda terlebih bagi komputer yang mengalami masalah seperti ini.